Sintaksis (句法学)
Semantik: 语义学
Kata : 词
Frasa短语
Sintaks : Kalimat ditunjukkan sebagai deretan
kata-kata, dan gramatika menyangkut struktur dan pola-pola yang teratur dalam
kalimat. Dengan menganggap kata sebagai satuan gramatika. Jadi gramatika
menganalisis hubungan timbal balik yang
berpola antara kata yang satu dengan kata yang lain dalam sebuah bahasa, dan
membahas kaidah-kaidah yang sistematis dari hubungan timbal balik tersebut.
Bidang yang menangani analisis hubungan timbal balik dari kata-kata ini
dinamakan Sintaksis. Sintaksis 句法
merupakan bagian terpenting dari gramatika 语法.
Bahasa Tionghoa tidak memiliki variasi bentuk
bahasa. Sering terjadi kerancuan anatara Morfologi句法
dengan Gramatika语法,
sehingga muncul pertanyaan bahasa Tionghoa tidak memiliki gramatik. Andaikata
sebuah bahasa tidak memiliki gramatika dan tidak mempunyai pengurutan yang
sistematis untuk kata-katanya dalam kalimat, bahasa tersebut tidak akan bisa
dipelajari oleh penutur asli atau penutur asing.
Contoh
:
Dalam bahasa Indonesia
Baju
itu masih kotor (tidak ada masih
itu kotor baju).
Dalam bahasa Tionghoa
那件衣服还是脏tapi tidak
kalimat 还那件脏是衣服
Hal ini membuktikan salah satu dasar penting dalam
sintaksis adalah kata-kata tidak dapat disusun secara sembarangan. Selain itu
harus dapat dipahami secara gramatikal, keseluruhan makna sebuah kalimat bisa hanya tergantung pada urutan
kata saja, seperti dalam kedua kalimat berikut : saya melihat Ani dan Ani
melihat saya.
汉语句法
汉语句子分为单句与____句两类。单句的分类。
Bahasa Mandarin dibedakan menjadi kalimat tunggal
dan kaliamat majemuk. Pembagian daripada kalimat tunggal.
(一)单句分类的两个主要___度(dua segi utama pada
pembagian kalimat tunggal)
单句,又称简单句,与___句向对待,是以句子材料的结构特点为___准___分出来的句子类型。
Kalimat
tunggal disebut kalimat sederhana,dan kalimat majemuk saling berkaitan,
berdasarkan ciri khas struktur komponen kalimat yaitu kalimat tunggal. Bila kalimat tunggal itu dari 1 frasa atau 1
kata.
1. 明天是星期四。
2. 谁来了? = 是由一个短语构成的单句
(frase lebih dari 1 kata)
3. 请进来!
4. 火! 是由一个词构成的单句
(1 kata)
单句结构独立,是指不被别的句子所包含。___个具有单句功能的语法单位如果包含在句子当中,那它就不是单句子。例如:
v 今天的比赛结束了:(kalimat tunggal)
v 我知道今天的比赛结束了:(kalimat
majemuk)
Contoh lain:
ü 今天我唱一首歌。(kalimat
tunggal)
ü 老师教我今天唱一首歌(kalimat
majemuk)
ü 我爱你(kalimat tunggal)
ü 我说爱你(kalimat majemuk)
单句和短语(frase)的关系:单句___去句子语气(cara bicara)就是短语,短语加上句子语气就成为单句。它们的区别
Hubungan kalimat tunggal dan frase adalah intonasi
baca kalimat
v 短语是构句单位,是备用材料。单句是表述单位,是运用成品。它们是不同性___的语法单位。
Frase harus lebih dari satu kata,
ada komponen pembentuk kalimat. Kalimat tunggal menerangkan satuan,frase adalah
komponen pembentuk kalimat.
Contohnya :
你告诉我,他是我的朋友
v 短语是用于构句的,不是真按用于交际的,因此是静态的:单句作为句子,用于交际,表达意___(kemauan),是在交际中形成的,因此是动态的。
Frase adalah komponen pembentuk
kalimat, tetapi tidak bisa langsung membentuk kalimat;tidak bisa untuk
komunikasi tapi bisa digunakan untuk kalimat,bentuk tidak berubah, kalimat
majemuk bisa,kalau kalimat walaupun tunggal tapi bisa berubah, frase statis dan
tidak ada intonasi.
v 短语不带句子语气,单句带有特定的句子语气。句子语气在口语里表现为语调(intonasi),书面上表示为句末标点。
Contoh:
1. 他是好人 - \ v / = intonasi penekanan orang
- \
v \ = penekanan pada baiknya
Yang / adalah kalimat tunggal. (paling penting
intonasi)
单句可以从各种不同的角度分类。Kalimat
tunggal bisa dibagi dari macam-macam segi
Pembagian kalimat yang
penting intonasi
struktur
Ø 比如可以根据一个句子离开了语境能不能表达完整的意思,把单句分成自足句(yang
bisa mengerti maknanya tanpa intonasi)和非自足句。上面所举的例子都是离开了语境的句子,前两例能表达完整的意思,是自足句;后两句不能表达完整的意思,是非自足句。
Contohnya bisa terbagi berdasarkan
didalam konteks dan luar konteks.
Ø 有如可以根据一个句子在一组句子中始发和后___的分别,把句子分为始发哈后___句。比如:甲向乙报告一个消息:“来客了!”这是一个始发句;乙回答:“我知道了。”这是一个后___句。Contohnya : Pihak A
memberitahukan kepada pihak kedua : “masuk!”ini adalah satu kalimat;pihak kedua
menjawab “saya sudah tahu” ini adalah kalimat terusannya.
Ø 但是,语法学通常主要是从结构和语气两个角度给句子分类。有的句子是单个的词充当的,单个的词也代表一种结构。Tapi
gramatikal biasa mempunyai struktur dan intonasi. Bergantung pada
intonasi.Contoh : 弟弟饿。
Ø 从结构角度分,单句一___首先分为主谓句和非主谓句dibagi
dari struktur susunan,kalimat tunggal biasanya dibagi dalam kalimat yang
terdiri dari subjek dan predikat dan bukan kalimat subjek dan predikat.
如:“明天是星期三。”和“谁来了?”à是主谓句
“请进来!”和“火!”à是非主谓句
Semua
kalimat mengandung intonasi; kalu tidak ada intonasi berarti tidak ada isinya.
Intonasi ada empat macam:
1. 陈述语气(Intonasi berita)
2. 疑问语气Intonasi bertanya
3. 感叹语气和(Intonasi berseru)
4. 祈使语气(Intonasi
memerintah)
Struktur
SPO dan intonasi; kalimat yang dapat dibedakan berdasarkan struktur dan intonasi
a. Struktur
1. 主谓句 S/P/O
2. 非主谓句 tanpa S/P/O
Contoh:
1.明天是星期四(主谓句,陈述句=kal
subjek predikat, kalimat berita)
2.谁来了?(主谓,疑问句=kal
subjek predikat, kalimat bertanya)
3.请来了!(非主谓句,祈使句=kalimat
tanpa subjek predikat,kalimat perintah)
4.火! (非主谓句,感叹句= tanpa subjek
predikat,kalimat seru)
Contoh
lain:
这个学生,那个人,一些外国老师。
(二)单局的结构类(jenis
susunan kalimat tunggal)
1.主谓句(kalimat subjek
predikat)
Contoh:
1. 这儿的风景//非常美丽=pemandangan disini
sangat indah.
2. 你//什么时候儿走?= 主 subjek,谓predikat
3. 这座房子//真高!
4. 明天//晴天。
Walaupun keterangan waktu
tapi ini merupakan subjek
2.非主谓句kalimat tanpa subjek
predikat
Kuncinya pakai了,吧
Contoh:
1.票!
2.胖子!
3.请勿
/
吸烟!
4.下
/
雨了。
5.多好的
/
孩子!
Semuanya tidak dapat
dianalisis. Berdasarkan struktur yang berbeda,kalimat feizhuweiju dapat
dibedakan.Frase kata benda. Satu kata benda atau lebih, misalnya “票!” “胖子!”” 请勿
/
吸烟!” “多好的
/
孩子!”, sedangkan yang
terdiri dari 1 frase kata kerja&banyak kata kerja adalah “下
/
雨了。”
Contoh Lain
去吧!请去吧!
(三)单句的语气分类
1.陈述句
kalimat
berita
Contoh:
1.学生明白了。(肯定句=Memastikan)
2.他不会说的。(否定句=Menyangkal)
3.他不想来呢。(否定句=Menyangkal
)
4.他不会不来。(双重否定句=DobelMenyangkal)
祈使句Kalimat
Perintah Atau Permohonan
Contoh:
1.你给我出去!
2.你去吧!
3.不谁去!千万别去!
4.不准,不许!= memerintah
dengan tegas
5.请,千万,别,吧 = memohan
dengan sopan
句子成分Komponen
Kalimat
Dibedakan menjadi dua
jenis,umum dan khusus.
Contoh umum :
主语和谓语subjek
dan predikat
动语和兵语kata
kerja dan objek
定语atributif
( kt keterangan di depan kata benda)
状语adverbal
补语kata
pelengkap
中心语kata pusat
Subjek
主语
Contoh
lain;
1.银行左右有很多了家,墙上挂着我的照片。
2.看到的只是万紧千红的丰收景象。
3.是老师好的。
4.十一号
是我的生日
5.你们回来了。
Pada
keadaan tertentu kata kerja, kata sifat, frase yang bersifat kata kerja dapat
berfungsi sebagai subjek kalimat.
Contoh:
看很清楚,听不太难,都很容易。
Dari
segi semantik/makna 从语义上看subjek dibedakan
3 jenis:
1
施事主语subjek sebagai pelaku.
Subjek melakukan sesuatu (kalimat aktif)
大家//团结起来
Contoh lain:
1. 爸爸常一首歌
2.受事主语subjek sebagai
penderita (kalimat pasif) awalan di tambah kata 被(bei)
Contoh
: 红烧肉//烧好了daging panggang sudah
di panggang
故人//被包围了musuh sudah dikepung
Contoh
lain: 那个首歌被我听了。
3.中性主语subjek tidak ada
hubungan dengan pelaku penderita, disini subjek sebagai sasaran dari alat,
uraian, putusan, keterangan.
Contoh : 这个人//我跟他打过交道。Berhubungan
(事)
论文//不是好写的作业。(事)
这支笔//不能用来写大字。(工__)
教室里//安安静静。
Kadang
untukmenonjolkan predikat, susunan subjek predikat bisa dibalik, yaitu predikat
di depan kalimat, seperti contoh :
怎么样,//你的胳膊
多鲜艳//这话
Predikat
( 谓语)
Merupakan
inti sari yang diterangkan, biasanya berupa jawaban yang ditanyakan dengan
menggunakan pertanyaan “怎么样,是什么“
Dari
segi komponen pembentuk kalimat predikat dibedakan menjadi 4 jenis:
1. 名词性谓语Predikat yang
besifat kata benda, jenis ini bersifat kalimat percakapan.
Contoh: 他//是美国人。
2.动词性谓语predikat yang
bersifat kata kerja, predikat jenis ini paling lincah dan aktif.
Contoh : 你//__会儿
3.形容词性谓语Predikat yang
bersifat kata sifat
Contoh : 吃饺子//最好。
花儿//红得好像燃烧的火。
4.主谓谓语Predikat yang
terdiri atas subjek dan kata kerja atau kata sifat.
他们两//谁也不理谁。
友__和比赛//友__更重要。
场先生//性格开朗爽开
Contoh
lain : 那个头发长。
这个作业我自己做。手机声音很好听。
A.
动语=predikat,兵语=objek
Predikat bila terdiri atas kata
sifat/kata kerja dan objek maka dapat dianalisis menjadi 动语和兵语。Jadi 动语adalah predikat yang
merupakan komponen yang bersifat kata kerja dan harus mengandung objek. 动语dapat berupa kata kerja
atau rangkaian kata yang bersifat kata kerja.
大娘//望着/她的背影。
他//拿出来/一本新书。
B.
兵语
兵语和动语saling
melengkapi, 兵语merupakan komponen di
belakang kata kerja yang dapat menjawab pertanyaan dengan kata tanya “谁”,”什么“dari kata-kata yang
digunakan objek kalimat paling sering terdiri atas kata benda atau rangkaian
kata bersifat kata benda (名词性短语)。
Contoh
:
两个孩子=frase
图书馆里有很多人。
Objek
kalimat yang bukan merupakan kata benda kadang-kadang juga bisa muncul,yaitu bila kata kerja
merupakan menunjukkan kelakuan,tutur kata, pendapat, seperti contoh kalimat
berikut ini
Contoh:
咱们//现在开始演出
他//说小黄不会不来。
Dari
segi semantik, objek kalimat dibedakan menjadi 3 jenis:
1. Objek
yang menderita perlakuan(受事兵语),objek
ini paling banyak digunakan.
Contoh
lain:
那个人走越来越快。
弟弟玩儿电脑。
2. Objek yang sebagai
pelakunya
Contoh
lain:
a. 教室里来学生
b. 书上写了,一些字
3.Objek yang netral,
tidak ada hubungan dengan menderita perlakuan atau melakukan sesuatu perlakuan.
Biasanya adalah objek berupa alat, tempat, tujuan pemberian, keputusan, hasil.
Contoh
lain:
这个礼物送给我。
Kata
kerja transitif (及物动语)bisadiikuti dengan
bermacam-macam objek,seperti:
读课文。写汉字。
定语(Atributif=kepemilika)
定语 merupakan komponen
yang terletak di depan kata benda dan berfungsi untuk memperindah kata benda
tersebut. Menujukkan makna “Kepunyaan siapa”, atau “yang bagaimana” atau “berapa”.
Sering diikuti kata bantu “的”
Contoh:
姐姐的眼镜。旧书。短信。
Kata
kerja diikuti kata “的”
Contoh
:
听的车。借的钱。
Fungsinya
untuk penghias kata pusat(中心语),sebagai
famili,waktu/tempat, pembeda, jumlah, kelakuan, keputusan, makna
tersirat/tersembunyi,dst.
Contoh:
明年的衣服。
今天在Solo 爱我的男朋友要打电话。
今天在公园走的人找我。
状语(adverb)menunjukkan makna “yang
bagaimana”,”kapan”,”dimana”,”betapa”
Contoh
:
你怎么不会读这个字。
补语(pelengkap)
Kata
pelengkap yang ditulis dibelakang kata kerja atau kata sifat, dan berfungsi
untuk menerapkan kata kerja tersebut.
Ciri
lain dari kalimat tunggal:
1. 连动句yang memiliki dua kata
kerja,tapi subjek hanya ada satu
2. 兼语句bagian objek dalam
kalimat juga berfungsi menjadi subjek dari susunan kata berikutnya
3. 兼语句bisa juga mengandung
lebih dari satu 兼语句
Bedanya
兼语句dengan 主谓语adalah bila 兼语句biasanya kata kerjanya
adalah memohon aatu memerintah,bila bukan biasanya adalah 主谓句。
Contoh:
老师看见我上去。
复句kalimat majemuk
小王去北京,小李也去北京
SEMANTIK 语义学
Ø Semantik merupakan bidang studi linguistik
yang objek penelitiannya adalah makna bahasa.
Ø Riwayat perkembangan ilmu semantik,
awalnya oleh hockett (1945) hanya merupakan sistem bahasa yang bersifat
pariferal, sementara gramatika, fonologi, dan morfonemik bersifat sentral.
v Pengartian umum semantic
Ø Sejak Chomsky menyatakan betapa
pentingnya semantik dalam studi linguistik, maka studi semantik sebagai bagian
dari studi linguistik menjadi semarak
Ø Banyak teori makna bermunculan, salah
satu teori yang terkenal dari Ferdinand de Saussure tanda linguistic terdiri
atas komponen signifie, maka studi linguistik tanpa disertai dengan studi semantic
adalah tidak ada artinya.
Ø Contoh : tanda bahasa (meja) terdiri
atas komponen signifie berupa fonem /m/,/e/,/j/,/a/; dan komponen signifie
berupa pengertian ‘sejenis perabot kontor atau rumah tangga’
Bagan
konsep makna Ricard dan Ogdent (1923)
Disebut sebagai segitiga makana
v Teori tanda dari Ferdinand de
Saussure
Ø Setiap tanda bahasa terdiri atas
komponen signifiant atau “ yang mengartikan” yang wujudnya berupa runtunan
bunyi, dan komponen signifie atau “yang diartikan” yang wujudnya berupa konsep
atau pengertian.
v Mengapa A dan C dihubungkan dengan
garis putus-putus
Ø A dan C dihubungkan dengan garis
putus-putus karena hubungan antara A dan C tidak langsung, yaitu A merupakan
masalah bahasa, C masalah luar bahasa.
Ø Hubungan A dan B langsung karena
sama-sama berada di dalam bahasa .
Ø Hubungan B dan C juga bersifat
langsung karena C adalah acuan dari B tersebut.
v Pandangan Ferdinand de Saussure
tentang makna
Ø Bahwa makna adalah ‘pengertian’ yang
dimiliki pada sebuah tanda linguistik.
Ø Makna bisa sebagai makna kata, makna
morfem.
Ø Tidak semua kata mempunyai acuan
konkret di sunia nyata, misalnya agama, kebudayaan.
Ø Sering kali makna kata ini terlepas
dari makna dasarnya misalnya buaya. Dalam kalimat “dasar buaya ibunya sendiri
ditipunya”
v Sifat makna kata
Ø Makna kata baru dapat ditentukan
setelah terdapat dalam kalimat
Ø Adik jatuh dari sepeda
Ø Dia jatuh dalam ujian yang lalu
Ø Dia jatuh cinta pada adikku
Ø Kalau harganya jatuh lagi kita akan
bangkrut
v Jenis makna
Ø Makna leksikal /referensial/denotatif理性意义/概念意义
Ø Makna asosiatif 色彩意义
Ø Makna idiom dan peribahasa 含蓄意义
Makna denotatif / makan referensial
adalah makna yang sesudah dengan observasi indra kita, atau makna sebenarnya
atau disebut makna dalam kamus atau ada acuannya kuda 马,merah 红色
v 词义的种类Jenis makna
Ø Makna leksikal / referensial / denotative
Ø Makna denotative / referensial adalah
makna yang sesuai dengan observasi indra kita , atau makna sebenarnya atau
disebut makna dalam kamus atau ada acuannya kuda 马,merah 红色。
v 词的色彩意义Makna asosiatif
Ø 词的色彩意义 adalah makna selain makna denotatif yang berhubungan
komunitas masyarakat, makna objektif berhubungan erat.
Ø Jenis-jenis makna konotatif sangat
banyak yaitu, 包括情感色彩意义 perasaan seseorang,形象色彩意义 bentuk,语休色彩意义gaya bahasa等.
Ø 情感色彩意义 adalah dicerminkan oleh orang itu terhadap sasarannya,
mencerminkan makna mengenai gejala atau makna.
v 词的情感色彩意义 bentuk
Ø Umumnya benda-benda yang objektif
gejala sikap mempunyai sikap yang bisa dinilai setiap Negara dan bangsa Negara
berbeda, timbul makna asosiatif perasaan.
Ø Makna asosiatif perasaan yang
baik-baik, makna yang buruk.
maaf, mau tanya. ini sumbernya dari mana ya?
BalasHapus